Tanaman perkebunan yang cocok di kota dengan lahan terbatas

Wah pas ini dengan kredensial saya sebagai pelaku perkebunan di kota dengan lahan terbatas. Menurut saya, ada tiga poin untuk mulai hobi bercocok tanam di balkon atau halaman rumah Anda, yaitu:
  • Tanaman tidak memakan area terlalu banyak, apalagi mengganggu tetangga sebelah.
  • Tanaman mudah ditanam dengan penggunaan tanah dan air yang efektif. Sehingga bisa ditanam dipot atau di dalam ruangan (seperti dapur).
  • Tumbuhan yang didapat dari daftar belanja agar tidak ada dana ekstra selama masih belum berpengalaman dengan dunia cocok tanam.
Maka tanaman yang bisa langsung Anda coba adalah:
a. Daun bawang. Tinggal tanam sisa sisa ujung tanaman yang sudah Anda potong untuk memasak. Tanam di pot memanjang dekat jendela dapur, siram sekali per dua tiga hari dan Anda tidak perlu membeli daun bawang lagi.

Daun bawang bisa juga ditanam tanpa tanah dan hanya bermodal gelas yang diisi air. Dan juga mirip dengan tanaman money plant serta tumbuhan aroma lainnya seperti thyme, rosemary, basil, dan oregano bahwa, tipe tanaman ini 'tidak mungkin' gagal bagi pemula saking mudahnya ditanam.
b. Tomat. Tinggal potong dan kubur di tanah. Untuk jenisnya bisa disesuaikan dengan kapasitas lahan Anda, misalnya cherry tomatoes jika hanya ditanam di dalam pot kecil.
c. Jahe juga lumayan mudah karena Anda hanya langsung menanam sisa yang belum diiris atau dikupas. Siram air secukupnya dan tunas baru akan bermunculan.

d. Bawang putih yang tinggal Anda sisihkan satu buah atau siung (?) agar tunasnya muncul sendiri seperti juga bawang bombay.

Saat akarnya sudah mulai tumbuh, langsung pindahkan ke dalam pot atau media tanam. Bisa ditanam di dalam ruangan, di balkon, dan bagi saya lebih baik lagi karena bisa ditanam saat musim gugur.
e. Selada. Naah banyak nih hidroponik pemula yang menanam sayuran ini. Bisa dicek disini[1] artikelnya. Kalau lebih mudahnya, bisa rendam dalam air sisa ujung selada yang habis digunakan. Saat daun atasnya mulai tumbuh, berarti bisa ditanam di tanah.

Intinya seperti tumbuhan itu sendiri, Anda harus sabar dengan prosesnya. Banyak hal yang tidak bisa diburu buru dalam bercocok tanam. Sebelum Anda mencoba menanam dan memanen hasil sayuran di atas, saya sarankan jangan mengeluarkan dana untuk beli bibit, raised beds, dan lain sebagainya, terkecuali Anda punya tukang kebun atau orang yang lebih ahli dalam tumbuhan.

0 Response to "Tanaman perkebunan yang cocok di kota dengan lahan terbatas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel