Saat kalian membeli anggur di tokoh buah ataupun penjual buah di pinggir jalan. Pernah tidak kalian memperhatikan jika anggur itu ada bubuk putih yang menempel di kulit anggur.
Belum terbayangkan ya. Coba kalian perhatikan gambar buah anggur berikut ini :
(Sumber gambar : Grape)
Ada bubuk putih ya yang menempel di kulit anggur tersebut. Pasti kalian berpikir bubuk putih yang menempel di kulit anggur itu adalah pestisida.
Jangan berprasangka buruk dulu teman-teman. Bubuk putih itu bukan pestisida.
Terus, kalau itu bukan pestisida. Bubuk putih itu apa?
Bubuk putih itu namanya "bloom" . Bloom terdapat juga pada buah pir, apel, dan blueberry. Bloom itu bukan pestisida ya. Bloom itu terbentuk secara natural di buah anggur . 
Bloom itu mengandung senyawa oleanolic acid yang menyerupai wax atau lilin yang melapisi kulit anggur. Dengan adanya bloom itu melindungi buah anggur dari serangga dan bakteri. 
Senyawa oleanolic acid juga menjaga kelembaban anggur sehingga anggur tetap segar. Jika kalian ingin menyimpan buah anggur sebaiknya jangan dicuci dulu dengan air agar buah anggur tersebut tetap segar karena adanya bloom itu menjaga buah anggur tidak cepat membusuk.
Jadi, bubuk putih yang menempel di kulit anggur itu bloom bukan pestisida ya dan bloom itu tidak berbahaya jika dimakan oleh manusia. Namun, alangkah baiknya tetap dicuci juga dengan air jika kalian ingin memakan buah anggur ya.
Semoga informasi ini bermanfaat ya. Terima kasih telah membaca tulisan saya ya.