Pentingnya Menanam Pohon Untuk BUMI

Banyak orang yang bertanya mengapa kita perlu menanam pohon untuk menghasilkan oksigen? sedangkan dilaut banyak juga menghasilkan oksigen, oleh kerana itu yuk kita simak baik baik Pentingnya Menanam Pohon Untuk BUMI
Masalahnya begini, jangan karena mengetahui fakta bahwa lut lebih banyak memproduksi oksigen, bukan berarti kita tidak memperhatikan produksi oksigen di darat. 
Terlebih dengan mengemukakan ide bahwa tidaklah kita perlu menanam pohon, toh oksigen sudah terjamin diproduksi di laut.
Bagi kalian yang pernah belajar biologi, harusnya kalian sudah menyadari bahwa biologi itu rumit.
Saya mau memberikan sedikit pemanasan bagi pikiran sebelum kita masuk ke inti jawaban. Seperti yang kita ketahui, semua pohon entah sebesar apapun dimulai dari kecambah kecil.
Diberi beberapa waktu, maka kecambah tersebut bisa tumbuh menjadi pohon besar yang berukuran dan berbobot besar.
Pertanyaannya: Dari mana material yang didapatkan sebuah pohon selagi dia tumbuh? Apakah dari tanah atau dari udara?
Jika anda jawab dari tanah, maka jawabannya salah. Jika demikian, maka tanah tempat pohon tersebut berpijak akan menyusut menjadi kawah.
Jawaban yang benar adalah dari udara. Puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan kilogram bobot yang dimiliki sebuah pohon didapat dari udara bebas. Tentu, bukan berarti tubuh pohon terisi oleh udara, namun udara yang diserap oleh pohon akan diolah terlebih dahulu melalui proses yang kita kenal sebagai fotosintesis.
Udara di atmosfer memiliki berbagai komponen gas di dalamnya, salah satunya adalah karbon dioksida. Gas inilah yang penting bagi pohon karena karbon dioksida akan direaksikan dengan air dan dibantu oleh cahaya matahari untuk menghasilkan oksigen, gula, dan senyawa-senyawa organik lainnya, seperti protein dan lemak. 
Gula yang dihasilkan akan disimpan dalam bentuk selulosa, yang nantinya akan menjadi salah satu zat utama penyusun tubuh pohon.
Dengan kata lain, pohon adalah gudang penyimpanan karbon, di samping sebagai pabrik oksigen.
Nah, seberapa penting peran pohon sebagai gudang karbon bagi kehidupan kita? Sangat penting! Begini, semakin sedikit pohon yang menyerap karbon, semakin banyak karbon yang terbebas di udara lepas. Sebagian dari karbon ini akan terlarut di perairan dan berubah menjadi senyawa baru. 
Air (H2O) bereaksi dengan karbon dioksida (CO2) akan menghasilkan asam karbonat (H2CO3). Senyawa ini berbahaya bagi kehidupan di bawah air karena dapat menurunkan tingkat kesintasan organisme akuatik.
Ingat, sebagian besar organisme akuatik yang akan menjadi korban utama pengasaman air adalah ganggang dan fitoplankton, alias produsen terbesar oksigen di Bumi. Dengan kata lain, dengan kalian tidak menghentikan penurunan luas cakupan pepohonan, maka produsen terbesar oksigen di laut juga akan menjadi korban.
Terlebih, pohon juga memiliki peranan penting dalam ekosistem. Akar pohon dapat mencengkram tanah dan mencegah erosi.
Batang pohon yang cukup besar mampu menopang mikroekosistem tersendiri, atau dengan kata lain, sebuah pohon adalah sebuah dunia tersendiri untuk sejumlah organisme.
Tanpa pohon, siklus hujan akan berantakan. Mengapa? Karena berbagai jenis pohon mampu menghasilkan hujan buatan dengan melepaskan serbuk sari dalam jumlah besar yang akan menangkap butiran-butiran uap air. Jika cukup berat, maka butiran air akan turun menjadi hujan.
Makanya jangan heran jika hutan sering berkabut, sekalipun tidak berada di pegunungan.
Lagipula, saya lebih memilih untuk memiliki 100% keberadaan produsen oksigen, ketimbang hanya memiliki 85% dari yang sekarang kita punya. Jadi, mengapa kita harus menanam pohon ketika kebanyakan oksigen dihasilkan dari laut? Karena fungsi pepohonan tidak hanya sebatas sebagai penghasil oksigen, namun juga sebagai penunjang keberlangsungan lingkungan.

0 Response to "Pentingnya Menanam Pohon Untuk BUMI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel