Kenapa pohon di sepanjang jalan yang ditanam bukan pohon yang bisa berbuah

Apakah menurut kalian pohon yang ditanam di sepanjang jalan adalah bukan pohon yang dapat berbuah?
Tidak juga.
Salah satu pohon yang saat ini cukup populer untuk ditanam di sepanjang jalan adalah pohon trembesi (Samanea saman). Apakah pohon ini berbuah?
Tentu saja. Trembesi adalah salah satu tanaman Leguminosae. Kesamaan spesies-spesies dalam famili ini adalah ini memiliki buah berupa polong.
Pohon angsana (Pterocarpus indicus) juga cukup banyak ditanam di sepanjang jalan. Punya buah? Jelas. Dari nama ilmiahnya saja sudah bisa terlihat. Ptero memiliki padanan kata sayap dan carpus berarti buah. Ada banyak lagi pohon-pohon yang menghasilkan buah dan ditanam di sepanjang jalan: mahoni, tanjung, asam, kiara payung dan lain-lain.
Buah mahoni
Ada beberapa kriteria pohon yang bisa dipilih sebagai tanaman peneduh jalan, di antaranya adalah buah yang tidak terlalu besar, jatuhnya daun tidak terlalu banyak, tumbuhnya tidak boleh liar, pohonnya kuat, tumbuhnya perakaran tidak terlalu cepat, serta tidak mudah terserang hama dan penyakit . Jadi, sebenarnya tidak menjadi persoalan ketika pohon yang ditanam adalah pohon yang berbuah.
Dalam botani, buah berarti organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah juga memiliki fungsi melindungi biji. Mayoritas pohon peneduh di sepanjang jalan adalah pohon yang menghasilkan buah atau berbuah. Berbuah adalah adalah aktivitas penting yang harus mereka lakukan agar dapat melestarikan keturunan.
Saya mengira ada yang kurang tepat dari pertanyaan ini. Mungkin yang penanya maksud adalah pohon yang dapat menghasilkan buah-buahanKata buah-buahan adalah kata yang sering digunakan dalam bidang hortikultura. Buah-buahan tidak melulu dibatasi pada buah yang berasal dari bakal buah, melainkan bisa juga berasal dari perkembangan organ lain dari sebuah tumbuhan.
Dalam hal pemilihan pohon peneduh jalan, pohon penghasil buah-buahan tidak menjadi favorit. Hal ini dikarenakan: buah-buahan yang dihasilkan akan mengganggu lalu lintas jalan dan mengundang masyarakat untuk mengambil buah.
Saya sendiri pernah melihat tanaman jambu air yang ditanam secara berderet di sepanjang jalan. Apa yang terjadi? Banyak pengemudi yang berhenti untuk mengambil jambu air ketika sedang musim berbuah. Sebenarnya tidak ada larangan untuk berhenti, namun jika ada pengemudi yang secara spontan berhenti atau tidak menepi dengan cara yang benar, hal ini akan berbahaya bagi keselamatan lalu lintas.

0 Response to "Kenapa pohon di sepanjang jalan yang ditanam bukan pohon yang bisa berbuah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel